hadisetyono

Laisa kamitskihi syai’un

In kitab musasar jayabaya on February 16, 2008 at 4:31 am

Tidak ada yang serupa denganNya

Assalamu ‘alaikum wr wb.

Komentar di: “Apa Iya Allah Punya Kaki dan Betis?!”
Gerakan Cinta Rasul & Ahlulbait Nusantara
1.) Saya terlalu sedikit faham bhs. Arab. Jadi, mohon ajari saya perbedaan arti kata mitsl dengan matsl. Syukron.

————–

Tanggapan:

Kata matsalaun dan mitsalun berbeda. Kata matsal menunjukkan adanya kesamaan, sedangkan mitsal adalah ketidaksamaan. Jadi ayat itu harus dipahami bahwa Allah Swt tidak seperti apapun (syai’) dalam hal apapun juga. Ini ayat yang terkait dengan tanzih ilahi, dimana Allah Swt tidak akan pernah memiliki kesamaan dalam hal apapun dengan makhluk-Nya.

2.) Mengenai “beda hanya formanya, tapi tetap ada kesamaannya”, izinkan saya menyampaikan argumen berikut:
a.) Dalam Al-Quran, Allah disebut [bersifat] sami’un bashir (= mendengar & melihat). Manusia juga memiliki kemampuan mendengar & melihat, tapi tentu saja sifat mendengar & melihat-nya Allah tidak sama dengan sifat melihat & mendengar-nya manusia. Di sini, yg berbeda adalah formanya [melihat-nya Allah berbeda dgn melihat-nya manusia], tapi masih tetap ada kesamaannya, yaitu sama-sama bersifat mendengar & melihat. Bagaimana tanggapan Pak Mushoddiq?

———–
Tanggapan:

Asma Allah Swt menunjukkan kepada kesempurnaan-Nya bukan kesamaan potensi, esensi atau forma-Nya dengan makhluk. Ayat-ayat itu terkait dengan tasybih ilahi yang bertujuan agar manusia bisa memahami kesempurnaan Allah Swt dan bukan untuk menyamakan atau mensetarakan-Nya dengan makhluk.

b.) Pak Mushoddiq [mungkin] memaknai “tangan Allah” dengan “kekuasaan Allah” [misalnya pada ayat Allah menciptakan manusia dengan kedua tangan-Nya, atau ayat Allah menggulung langit & bumi]. Dengan makna ini, Allah memiliki kekuasaan; makhluk Allah juga memiliki kekuasaan, hanya saja kekuasaan makhluk bersumber dari Allah, tidak mandiri, bersifat terbatas, dan segenap perbedaan lainnya dengan kekuasaan Allah. Di sini, perbedaan juga pada formanya, tetapi masih ada kesamaannya, yaitu sama-sama memiliki kekuasaan. Bukankah kita akan selalu menemui kesamaan istilah bagi sifat Allah dan bagi sifat makhluk-Nya sehingga agar menjaga prinsip “laysa kamitslihi syay-un” kita mesti menyimpulkan perbedaan terletak pada formanya? atau bagaimana?

———

Tanggapan:

Allah adalah Wujud Mutlak sedangkan selainnya relatif (mumkinul wujud). Segala sesuatu (syai’) yang masih bergantung kepada sesuatu selain dirinya sendiri adalah faqir bi zat. Untuk itu, anda tidak bisa mengatakan bahwa manusia memiliki kekuasaan, karena pada dasarnya, potensi kuasa itu sendiri bersifat karunia dari Allah dan bukan milik manusia. Begitu pula dengan kemampuan mendengar, melihat, mengetahui, dsb yang dimiliki manusia. Allah Swt pada diri-Nya tidak bisa disifatkan dengan apapun. Mungkin Kitab Nahjul Balaghah yang berisi pernyataan dari Imam Ali as bisa menjadi bahan renungan anda. Silahkan anda bisa membelinya di toko buku mana saja.

“(Allah) Yang sifatNya tidak terbatasi oleh batasan tertentu, tidak dapat tergambarkan oleh ungkapan kata, tidak terikat oleh waktu, dan tidak ada yang menyudahi-Nya. Sebab, setiap sifat adalah berlainan dengan yang disifati, dan setiap yang disifati bukanlah persamaan dari sifat yang menyertainya. Maka, barangsiapa melekatkan suatu sifat kepada-Nya, berarti dia telah menyertakan sesuatu dengan-Nya….dst”

Beliau juga berkata:

“Dia tidak dapat dicapai oleh akal dengan pembatasan, maka tiadalah Dia dapat disamakan (dengan sesuatu). Tidak pula Dia ditimpa oleh waham (angan-angan) dengan perkiraan, maka Dia tidak dapat diserupakan. Tidak ada dalam ke-Awal-annya permulaan, dan tidak ada dalam ke-Azalian-nnya kesudahan. Dialah yang Awal dan senantiasa awal, dan Dia maha kekal tanpa ada batas waktu. Dahi-dahi bersujud kepada-Nya dan bibir-bibir pun mentauhidkan-Nya. Dia membatasi segala sesuatu saat penciptaannya, yang menjadi penjelas bagi kesamaannya.”

Mudah2an jawaban Pak Mushoddiq lebih mencerahkan & meyakinkan saya. Terima kasih. Salam ‘alaykum.

———-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: